Pangandaran, Sabtu (1/09) sebanyak 22 mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran menerima penghargaan atas prestasi yang diraih oleh mereka selama dua tahun terakhir. Tidak tanggung-tanggung prestasi yang diraih berhasil mencapai tingkat Internasional. Iis Diyanah Nurfikria mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Administrasi Bisnis berhasil  lolos dalam Nus Enterprise Summer Programme On Entrepreneurship From 8 – 21 July 2018 Under The Temasek Foundation International – Nus Step Entrepreneurship Initiative 2018 Scholarship. Selanjutnya mahasiswa angkatan 2016 yakni  Hansa Aglazziyah, Nabil Humam Alghifari, Rahardian Raharjon dan angkatan 2017 yaitu Fathir Aulia Maulana Faisal dari Fakultas Peternakan Prodi Peternakan serta Evhan Rayna Suryatmana mahasiswa amgkatan 2016  Fakultas Ilmu Komunikasi Prodi Ilmu Komunikasi menuai prestasi dalam PKM Kewirausahaan dan berhasil didanai Kemenristekdikti dengan Judul Proposal “Fan Bag (Sebagai Pemopuleran Inovasi Tas Multifungsi Dari Kipas Tradisional Di Kabupaten Pangandaran). Selain itu, mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Administrasi Bisnis, Richa Nahdalaily Fathara berhasil Lolos dalam 20 besar dengan peringkat terbaik sesuai dengan standar penilaian score akumulasi kegiatan Seleksi Mahasiswa Berwirausaha Program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Tahun 2018 Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Tidak hanya di bidang akademik, PSDKU Unpad juga berhasil menorehkan  prestasi di bidang non akademik. Kirana Fadliawati, mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Keperawatan Prodi Keperawatan dinobatkan sebagai Mojang Pinilih Kabupaten Pangandaran dan Mojang Kewes (photo genic) Kabupaten Pangandaran dalam acara Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Pangandaran tahun 2016. Di bidang olahraga, PSDKU Unpad berhasil meraih Juara Dua Lomba Turnamen Volly yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mereka adalah Arief Kuswara, Yang-Yang Budiansyah dari Fakultas Peternakan Prodi Peternakan angkatan 2016 serta Rafi Satriawan angkatan 2016, Daffa Ghifary dan Ferry Satya Darmawan angkatan 2017dari Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Prodi Perikanan. Arief Kuswara, Yang-Yang Budiansyah, Rafi Satriawan, Ferry Satya Darmawan  bersama dengan Harry Surya Wijaya dari angkatan 2017 Fakultas Peternakan Prodi Peternakan juga memperoleh Juara Satu Turnamen Volley Dalam Hut RI Ke-73 yang diselenggarakan Dusun Cikangkung.

Mahasiswa berprestasi selanjutnya berasal dari       Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prodi Perikanan angkatan 2016, Indah Kurniasih. Ia berhasil memperoleh Juara 2 Mbak Kebumen 2018 dalam acara Mas Mbak Duta Wisata Kebumen 2018. Elda Rasyida Rahman, Yessi Ainurrachman dan Lusi Agustin mahasiswi Fakultas Keperawatan Prodi Ilmu Keperawatan angkatan 2017 memperoleh Juara 2 Lomba Permainan Tradisional Bakiak Putri dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Yang Ke-3 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran.

Sebelas mahasiswa dari lima program studi juga meraih apresiasi atas prestasi mereka meraih IPK Tertinggi, diantaranya Richa Nahdalaily Fathara (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2016), Syahrial Maulana Sudarto (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2017), Hansa Aglazziyah (Fakultas Peternakan, 2016), Sukma Achlan Sahid (Fakultas Peternakan, 2017), Galang Ikhwan Aji Sabda (Fakultas Ilmu Komunikasi, 2016), Adya Puspita (Fakultas Ilmu Komunikasi, 2017), Ade Fifi Sana (Fakultas Ilmu Komunikasi, 2017), Alex Setiawan (Fakultas Keperawatan, 2016), Silvi Riana Putri (Fakultas Keperawatan, 2017), Hasna Nabila Shobibah (Fakultas Perikanan, 2016), Niken Rizky Ayu (Fakultas Perikanan, 2017). Kesebelas mahasiswa tersebut bersama dengan mahasiswa berprestasi lainnya diundang untuk menjadi pembicara dalam salah satu rangkaian hari pertama (1 September 2018) acara Penerimaan Mahasiswa Baru Pangandaran (PMBP) yaitu Open House. Hal tersebut ditujukan untuk membagikan pengalaman agar mahasiswa baru PSDKU Unpad di Pangandaran termotivasi untuk meraih prestasi.

Di penghujung acara Open House, seluruh mahasiswa berprestasi tersebut menerima apresiasi berupa piagam penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor PSDKU Unpad, Dr. H. Bambang Hermanto, M.Si beserta jajarannya. Beliau menuturkan bahwa apa yang telah diraih oleh seluruh mahasiswa tersebut merupakan bukti mahasiswa PSDKU juga bisa berprestasi. Dimanapun kita berada, kita dapat beprestasi, jangan sampai kita menjadikan keterbatasan menjadi sebuah hambatan.

Penerimaan Mahasiswa Baru Pangandaran (PMBP) diselenggarakan selama empat hari (1-4 September 2018). Diawali dengan rangkaian acara Opening Ceremony yang di dalamnya terdapat kegiatan Open House. Selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan orang tua/wali mahasiswa baru, kegitan ini juga bertujuan memperkenalkan lingkungan PSDKU Unpad serta sistem perkuliahan di PSDKU Unpad. Selanjutnya, rangakaian acara pada hari kedua terdiri atas dua kegiatan yakni, LKMM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa) dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen dalam organisasi, setelah itu disambung dengan kegiatan Perform UKM disore harinya. Kegiatan LKMM dilaksanakan selama 2 hari dan penyampaian materi LKMM disampaikan oleh Dr. Hery Wibowo.,S.Psi.,M.M. Pada hari ketiga juga terdapat kuliah umum oleh Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. dengan tema “Belajar Efektif dan Literasi Informasi dan Teknologi”. Ketiga rangkaian acara tersebut dilaksanakan di kampus Cikembulan PSDKU Unpad.

Sementara itu, rangkaian acara terakhir yakni Closing Ceremony akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2018, bertempat di kampus Wonoharjo. Rencananya rangkaian terakhir tersebut akan diisi dengan kegiatan Hunger Games sebagai puncak acara.

(Penulis : Dria Candra & Melia Rosalina (FIKOM16) )