Program studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi unggulan di Fakultas Ilmu Komunikasi dan banyak diminati di Universitas Padjadjaran. Adanya penghargaan sebagai “Best School of Communication” dari Majalah Mix Marketing untuk Fikom Unpad menjadi bukti bahwa program studi Ilmu Komunikasi terus berkomitmen untuk memperhatikan penjaminan mutu.
Program studi Ilmu Komunikasi memiliki misi menghasilkan lulusan dengan profil sebagai Komunikolog Profesional, Perencana Program Komunikasi, dan Pengembang Media Kreatif. Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, prodi ini menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) berbasis Riset yang telah disesuaikan dengan perkembangan keilmuan komunikasi serta memperhatikan kebutuhan industri profesional.
Seiring dengan perjalanan waktu, Unpad sebagai salah satu kampus negeri di Jawa Barat dalam rangka mengembangkan aspek pendidikannya, pada tahun 2016 membuka Program Pendidikan diluar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Pangandaran. Adapun tujuan didirikannya Program Pendidikan di Kabupaten Pangandaran ini adalah agar masyarakat Jawa Barat yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, dan wilayah di sekitarnya memiliki kesempatan untuk menempuh studi hingga jenjang pendidikan tinggi di Universitas Padjadjaran. Melalui pembukaan PSDKU, masyarakat Kabupaten Pangandaran dan wilayah lain di sekitarnya dapat menempuh pendidikan minimal Sarjana (S-1), sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai modal pokok pembangunan di wilayah tersebut.
Proses belajar mengajar yang diterapkan pada prodi Ilmu Komunikasi mendorong mahasiswa bukan hanya belajar dari buku dan jurnal referensi saja. Mahasiswa dilibatkan dalam proses pembelajaran aktif pada konteks kehidupan sosial masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat berpikir kreatif, inovatif, dan solutif.
Prospek Kerja
Lulusan prodi Ilmu Komunikasi dibekali dengan kompetensi komunikasi yang dapat diterapkan pada dunia kerja. Ruang lingkup lulusan sarjana ilmu komunikasi beragam, lulusannya dapat bekerja di industri media, industri kreatif, industri komunikasi strategis, industri riset komunikasi, dan bidang pendidikan.